Wilayah terdampak banjir bandang di Kabupaten Garut, Jawa Barat, meluas ke 8 desa usai dilakukan kaji cepat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Banjir bandang tersebut menerjang dua kecamatan yaitu Kecamatan Sukawening dan Kecamatan Karangtengah pada Sabtu (28/11) lalu.

Lokasi desa terdampak banjir bandang di Kecamatan Sukawening antara lain, Desa Mekarwangi, Desa Sukamukti, Desa Sukawening, Desa Mekarhurip, dan Desa Mekarluyu. Sebanyak 112 rumah terendam akibat banjir.

Sementara di Kecamatan Karangtengah meliputi tiga desa, antara lain, Desa Cinta, Desa Cintamanik, dan Desa Caringin. Di ketiga titik terdampak banjir bandang, sebanyak 200 rumah terendam.

Selain merendam ratusan unit rumah, banjir bandang yang menerjang dua kecamatan di Garut tersebut memutuskan sedikitnya empat jembatan penghubung desa serta fasilitas umum lainnya.

Tak hanya itu, dampak banjir bandang ini membuat sedikitnya 286 jiwa mengungsi. Terdapat tiga lokasi pengungsian warga. Pertama, 40 jiwa mengungsi di Pesantren As-Sarif, Desa Cinta.

Kedua, 120 jiwa mengungsi di dua Sekolah Dasar Desa Cintamanik. Ketiga, 65 jiwa mengungsi di Desa Depok.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan, BPBD Garut bersama tim gabungan melakukan evakuasi korban terdampak dengan melibatkan unsur Basarnas, TNI, Polri, aparat desa, relawan, dan masyarakat setempat.

Garut Status Tanggap Darurat Bencana

Pemkab Garut akan menetapkan status tanggap darurat bencana selama tujuh hari ke depan untuk menanggulangi bencana banjir yang terjadi di dua kecamatan ini.

“Rapat penentuan status tanggap darurat bencana yang akan dilakukan pada 28 November 2011,” kata Hadi.

Seperti diketahui, banjir bandang terjadi di Kecamatan Sukawening dan Karangtengah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (27/11).

Banjir terjadi dipicu hujan dengan intensitas tinggi pada pukul 14.00 WIB sehingga debit air sangat tinggi dan terjadi luapan Sungai Citameng. Peristiwa ini menyebabkan jalan yang menghubungkan Desa Sukamukti dan Desa Mekarwangi yaitu Jembatan Cinangsi terendam dan tidak bisa dilalui. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *