Magetan-Portalangit. SPMAA cabang Magetan menjadi salah satu peserta perlombaan rumah percontohan.

Kegiatan perlombaan ini didatangi tim juri dari pihak DLH, Forum Kabupaten Sehat, TP. PKK Kab. Magetan 3 personil. Perlombaan ini bertemakan “PELITA INSANI (pengelolaan lingkungan sekitar yang indah sehat dan madani)”.

Selain itu Kepala Desa beserta perangkatnya, Babinsa, Babinkantibmas 6 personil, Ketua RT, dan 17 warga sekitar ikut serta dalam acara tersebut.

Kegiatan perlombaan dilaksanakan pada Selasa, 23 November 2021. Berlokasi di SPMAA Magetan Jl. Pandan, Kelurahan BulukertoBulukerto, RT 04/ RW 01, Kec. Magetan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

SPMAA cabang Magetan terpilih menjadi perumahan percontohan karena beberapa alasan sebagai berikut,

  1. Bimbingan mental dan spiritual dengan 3 kegiatan majlis taklim, taman pendidikan Al-Qur’an, taman belajar, dan taman baca masyarakat.
  2. Pelestarian lingkungan dengan memanfaatkan lahan sempit yang produktif dengan 3 jenis tanaman tabulampot  (toga, sayur dan buah), memanfaatkan air wudhu untuk IPAL dengan dibudidayakan ikan lele dan airnya dapat digunakan untuk nutrisi penyiraman tanaman sekitar, tanaman Hidroponik dan Aquaponik, serta pemanfaatan sampah organik rumah tangga diolah menjadi POC.

Sementara sebelum tim juri dan rombongan berpindah lokasi tim SPMAA cabang Magetan membuka pameran hasil karya warga dan santri SPMAA Magetan.

Pameran tersebut meliputi, POC (pupuk organik cair), batik Ecoprint JALENGGA (jambu, kelengkeng, dan mangga), kreasi tas rajut, Jamu Protokol Kesehatan Rakyat PAJERO (pandan, jahe, jeruk lemon, dan gula merah), dan aneka snack basah dan kering.

Kegiatan berjalan lancar dan semua  menikmati suasana perumahan percontohan SPMAA cabang Magetan. “Alhamdulillah,, kondisi cuaca cerah agak teduh” ujar pak Nurul Huda.

Selanjutnya harapan kedepan SPMAA Magetan dapat berkembang dan tetap menjadi perumahan percontohan yang dapat diteladani warga sekitar.

(Ima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *