CNN. China mengerahkan kapal perang terbesar dan tercanggih jenis fregat ke Pakistan pada awal pekan ini. 

Beijing menuturkan langkah itu dilakukan sebagai bentuk persahabatan dan kemitraan strategis kedua negara dan berlangsung ketika ketegangan antara Pakistan dan India meningkat.

Kapal itu dirancang dan dibangun oleh China State Shipbuilding Corporation Limited (CSSC) dan dikirim ke Angkatan Laut Pakistan dalam sebuah upacara di Shanghai.

Melalui pernyataan, Angkatan Laut Pakistan menuturkan kapal Fregat Type 054A/P milik China itu bernama PNS Tughril.

PNS Tughril adalah kapal pertama dari empat fregat tipe 054 yang sedang dibangun untuk Angkatan Laut Pakistan. Kapal tersebut disebut sebagai kapal berteknologi mutakhir dengan senjata bawah air canggih.

Kapal itu juga memiliki potensi pengawasan yang luas menurut laporan surat kabar pemerintah China, Global Times.

PNS Tughril juga dilengkapi dengan manajemen tempur canggih dan sistem peperangan elektronik bersama dengan kemampuan pertahanan diri modern.

AL Pakistan menuturkan fregat Type 054A/P juga disebut dapat secara bersamaan menjalankan sejumlah misi perang angkatan laut di lingkungan dengan berbagai jenis ancaman yang sangat intens.

Sementara itu, CSSC menuturkan kapal fregat itu adalah kapal perang terbesar dan tercanggih yang pernah diekspor China.

Klaim tersebut juga didukung oleh Zhang Junshe, seorang peneliti senior di PLA Naval Research Academy. Zhang menuturkan fregat Type 054A, yang menjadi basis Type 054A/P, adalah fregat paling canggih di China.

Dibandingkan dengan fregat China sebelumnya, kapal baru ini memiliki kemampuan pertahanan udara yang lebih baik, karena dilengkapi dengan sistem radar yang ditingkatkan dan jumlah rudal yang lebih besar dengan jangkauan yang lebih jauh, kata Zhang.

Zhang juga mencatat bahwa fregat Type 054A juga memiliki kemampuan siluman kelas dunia.

Penyelesaian dan pengiriman kapal tersebut merupakan pencapaian besar lain dari persahabatan China-Pakistan, dan selanjutnya akan meningkatkan kemitraan kerjasama strategis di segala cuaca antara kedua negara, kata CSSC dalam pernyataan.

Sementara itu, Duta Besar Pakistan untuk China Moin ul Haque mengatakan bahwa pengerahan PNS Tughril mengantar babak baru dalam persahabatan Pakistan-China yang tetap teguh di semua bidang.

Haque menuturkan dalam konteks paradigma keamanan kawasan, fregat kelas Tughril akan memperkuat kemampuan Angkatan Laut Pakistan untuk menanggapi tantangan maritim guna memastikan pertahanan laut, menjaga perdamaian, stabilitas, dan keseimbangan kekuatan di kawasan Samudra Hindia.

Dia juga memuji upaya China yang mengirim kapal fregat itu tepat waktu dengan kondisi yang baik meskipun di tengah pandemI Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *