Banjir Bandang Lamongan Sudah Surut, Warga Gotong Royong Bersihkan Sisa Lumpur

JAKARTA – Banjir bandang yang sempat melanda Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur kini sudah surut. Hal ini berdasarkan laporan yang diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menghimpun data dari BPBD Kabupaten Lamongan per Jumat (5/11) pukul 11.00 WIB.

BPBD Kabupaten Lamongan bersama unsur TNI-POLRI serta tim gabungan lainnya bergotong royong membersihkan lumpur sisa banjir. Sebanyak 36 unit rumah warga terdampak yang berlokasi di Desa Sendangrejo di Kecamatan Ngimbang dan Desa Kalitengah di Kecamatan Sugio. Jalan poros yang berada di Desa Kalitengah mengalami rusak parah sepanjang 40 meter. Selain itu, dilaporkan juga terdapat satu unit warung yang berada di dekat sungai hanyut terbawa arus air.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Lamongan segera terjun kelapangan sesaat setelah kejadian untuk melakukan koordinasi dan kaji cepat di lokasi banjir. Hal ini untuk mengantisipasi banjir susulan, salah satunya dengan membersihkan aliran sungai yang bermuara ke waduk Gondang di Kecamatan Sugio.

Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih dapat terjadi di wilayah Kabupaten Lamongan, hal ini merujuk prakiraan cuaca BMKG hingga Minggu (7/11) mendatang. Dalam upaya menghadapi antisipasi La Nina, BNPB menghimbau untuk masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan di tingkat terkecil yaitu keluarga. Salah satunya dengan menyiapkan tas siaga bencana, rencana penyelamatan, dan pastikan jalur evakuasi keluar rumah tidak terhalang perabot rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *