CNN. Tumpahan sekitar 480 liter minyak di California, Amerika Serikat, mencemari laut hingga menyebabkan ikan dan burung mati berserakan di pantai.

Wali Kota Huntington Beach, Kim Carr, mengatakan bahwa tumpahan itu terjadi akibat kebocoran pipa pengebor minyak pada Sabtu (2/10) sekitar pukul 09.00.

Pengawas Orange County, Katrina Foley, melaporkan bahwa pada Minggu (3/10) dini hari, minyak dan hewan-hewan mati mulai berserakan di Huntington Beach, kota yang berpopulasi 200 ribu orang.

“Kami mulai melihat burung dan ikan-ikan mati berserakan di pesisir. Dampak ini akan lebih parah dari minyak yang dapat terlihat dan penduduk kami harus menghadapinya. Dampak lingkungan tak dapat terhindarkan,” ucap Foley, seperti dikutip AFP.

Menurut Carr, hingga saat ini tumpahan minyak sudah menutupi setidaknya 33 kilometer kuadrat perairan Samudra Pasifik.

“[Tumpahan ini] dapat menyebabkan bencana ekologi. Lahan kami terdegradasi dan sebagian besar pesisir kami kini penuh dengan minyak,” ujar Carr sebagaimana dilansir Reuters, Minggu (3/10).

Carr menjelaskan bahwa tumpahan itu terjadi akibat kerusakan pada pengeboran minyak Elly yang membentang dari Huntington Beach Pier hingga Newport Beach.

Menurut Carr, pengeboran minyak itu dioperasikan oleh Betta Offshore, anak perusahaan dari Amplify Energy Corporation. Hingga saat ini, belum ada tanggapan dari kedua perusahaan itu.

“Dalam beberapa hari dan pekan ke depan, kami menuntut pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan segala upaya yang memungkinkan untuk memperbaiki bencana lingkungan ini,” tutur Carr.

Sementara itu, CEO Amplify Energy, Martyn Willsher, mengatakan bahwa pipa itu kini sudah ditutup dan sisa minyak yang tersisa sedang disedot.

Ia memastikan bahwa saat ini tim penyelam sedang diterjunkan dan masih berupaya mencari penyebab kebocoran tersebut.

Di sisi lain, seorang anggota dewan perwakilan untuk area tersebut, Michelle Steel, mengirimkan surat kepada Presiden Joe Biden untuk meminta deklarasi bencana besar di Orange County terkait insiden tumpahan minyak ini.

Dengan deklarasi itu, Steel berharap pemerintah pusat dapat segera menggelontorkan dana untuk membantu upaya pembersihan kawasan tersebut dari tumpahan minyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *