Denpasar, Portal Langit – Bertempatkan di TPQ Ruhullah Denpasar, Ahad (26/9) diadakan workshop penguatan data EMIS (Education Management Information System) yang merupakan system informasi data yang dikembangkan oleh kementrian agama untuk memudahlan input data TPQ – Madin, pondok pesantren dan madrasah.

Acara ini turut dihadiri oleh ketua Pokja TPQ Denpasar Ustadz Margiyanto M. P.di, Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar Ibu Hj. Ninik Surani, Kasi PD Pontren Kanwil Kemenag Provinsi Bali Drs. H. Noer Yasin, M.Pd.I dan H. Misbahul Munir, S.Ag.

Sebanyak 68 peserta, 13 panitia dari seluruh TPQ se-Denpasar dan 7 personil WAKA Pendis kota maupun Propinsi Bali beserta staf nya turut hadir dalam acara tersebut.

Kasi PD Pontren Kanwil kementrian Agama propinsi Bali, Drs. H. Noer Yasin, M.Pd.I mengatakan, progam emis ini merupakan progam pemerintah. Khususnya pada direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok pesantren terkait dengan masalah perdataan. Dikarenakan saat ini banyak sekali lembaga baik dari pondok pesantren maupun madrasah Diniyah dan TPQ tidak terdata di emis.

Oleh karena itu pada pagi hari ini atas undangan kasi pendis kota Denpasar kami menyambut dengan baik dan mengapresiasi semoga pertemuan seperti ini tidak hanya sekali dilaksanakan tapi bisa berulang ulang beberapa kali. Karena kita ini sekarang mengundang mereka para operator di setiap lembaga untuk kita ajarin kemudian kita didik bagaimana cara mengaktivasikan emis itu sendiri.” ujarnya saat di wawancarai oleh tim spmaa.tv.

Sedangkan pada kali ini TPQ Ruhullah berkesempatan menjadi tuan rumah dalam acara workshop tersebut.

Ibu Hj. Ninik Surani selaku Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar menyampaikan , TPQ Ruhullah  dari SPMAA Bali  adalah TPQ yang pertama kalinya menggunakan aturan keputusan dirjen pendis no.91 thn 2020 yaitu tentang penyelenggaraan lembaga pendidikan Al Qur an. Dimana bedanya dengan dulu, bahwasanya semua TPQ yang baru kali ini harus berada di naungan Yayasan dan itu merupakan persyaratan administrative.

“Jadi kemarin saat kami hadir  visitasi disini persipanya begitu rapi dan tertib yang di lakukan  TPQ Ruhullah Denpasar”. Katanya, saat diwawancarai.

Selain sosialisai agenda pemutakhiran data emis 2021. Workshop ini juga meliputi rapat koordinasi kepala TPQ – Madin se kota Denpasar dalam rangka untuk yang pertama kbn tatap muka dalam kondisi saat ini serta mempersiapkan agenda kurikulum terbaru yang telah disusun oleh LPPTKA BPRMI Pusat, dan dipimpin langsung oleh ketua Pokja TPQ Denpasar Ustadz Margiyanto M. P.di.

“Alhamdulillah  agenda ini bisa di laksanakan di TPQ Ruhullah SPMAA BALI, disini yang tempatnya bagus, sejuk sehingga kita bisa melaksanakan pertemuan  ini disini, serta juga fasilitas fasilitas yang diberikan. Sekali  lagi saya sampaikan terimaksih kepada tpq ruhullah dan yayasan SPMAA BALI yang menaunginya.” Tandas kepala pokja TPQ Denpasar tersebut. ( IL )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *