Lombok Timur – Portal Langit. Ahad 21 Maret 2021, Yayasan SPMAA resmi membuka cabang baru.  Tepatnya di Dusun Balung Adang Dasan Montong Desa Sukamulia Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat.

Peresmian cabang baru Yayasan SPMAA Sukamulia ini ditandai dengan acara bakti sosial untuk warga sekitar.  Hadir dalam acara ini Pembina Yayasan SPMAA, Bapak Kepala Desa Sukamulia, Kapolsek Sukamulia yang diwakili oleh Kanit Bimas dan tokok masyarakat desa setempat.

Acara  diawali dengan Kalam Ilahi dan dilengkapi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya berjalan dengan baik dan lancar. Dihadiri oleh warga sekitar, simpatisan juga seluruh jamaah SPMAA yang tersebar di Pulau Lombok.

Dalam sambutannya, Ketua SPMAA wikayah propinsi NTB, Nisa Muchtar memperkenalkan cabang-cabang SPMAA yang sudah hadir di Propinsi Nusa Tenggara Barat yang  tersebar di 3 wilayah. Yaitu di Lembar Lombok Barat, di Sembalun Lombok Timur dan yang ketiga di Sukamulia Lombok Timur juga. 

Nisa juga menjelaskan program-program yang sudah berjalan.  Di antaranya pendidikan anak usia dini. Salah satu program unggulannya adalah biaya pendidikan yang terkoneksi dengan pengelolaan lingkungan, khususnya sampah. SPMAA NTB melalui lembaga pendidikannya berhasil menggerakkan wali murid dan para siswa untuk peduli sampah. Caranya mereka diarahkan memilah sampah di rumah untuk dibawa ke sekolah. Bahkan uang SPP sekolah ini bisa dibayar dengan sampah. Hasilnya, program Bank Sampah ini mengantarkan Dusun Batu Rimpang Desa Jembatan Kembar sebagai juara 3 Lomba kampung sehat tingkat kecamatan.

Selanjutnya Pembina Yayasan SPMAA Gus Glory menerangkan tentang visi misi SPMAA. Disampaikan SPMAA yang saat ini tersebar di 60 kabupaten dan kota di Indonesia, berkomitmen untuk terus bermitra dengan seluruh elemen masyarakat memberikan layanan di bidang Sosial, Pendidikan dan Lingkungan Hidup. Dengan mengedepankan nilai nilai bhineka tunggal ika. Rencananya, Yayasan SPMAA Sukamulia ini akan memulai program dengan pelayanan pendidikan Taman Kanak-Kanak untuk warga sekitar.

Sementara itu Kepala Desa Sukamulia dalam kesempatan sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Yayasan SPMAA dan ucapan terimaksih karena Yayasan SPMAA sudah hadir di Sukamulia ini. Besar harapan dari Bapak Kepala Desa semoga SPMAA bisa merata keberadaannya di Lombok.

Tak ketingalan pula sambutan dari tokoh masyarakat dan bapak Kapolsek yang diwakili oleh Kanit Bimas menyeru mengajak semua lapisan masyarakat untuk mendukung program-program kegiatan Yayasan SPMAA ini.  Juga mengajak untuk meniru teladan yang dicontohkan dari yayasan ini yaitu gemar berbagi tanpa pandang ras dan golongan juga bukan untuk kepentingan politik. Lebih lanjut Ustadz Aminuddin S.Pd, M.Pd yang mewakili tokoh masyarakat menyampaikan dukungannya pada program SPMAA yang mengawali kehadirannya dengan bakti sosial yang merupakan implementasi sabda Nabi saw, al yadul ‘ulya khoiru minal yadis sufla, tangan di atas (memberi) lebih baik daripada tangan di bawah (meminta). (rid).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *